Monday, January 01, 2007

Nikmatnya berkurban


Tahun 2006 ini, sangat istimewa bagi ummat Islam di seluruh dunia, karena jarang-jarang Hari Raya-nya 3 kali.
Idul Adha 10 Januari, Idul Fitri 24 Oktober dan lagi-lagi Idul Adha tgl 31 Desember.
Hari raya terakhir yang juga sering disebut sebagai hari raya haji, terkandung banyak sekali hikmah, sebagai pelajaran bagi umat manusia khususnya muslim yang didapat dari bapaknya para nabi yaitu Ibrahim SAW.
Dalam bulan ini bagi yang diberi kemampuan diperintahkan untuk melaksanakan rukun Islam yang ke 5 yaitu berhaji.

Dan juga disunnahkan bagi yang mampu, untuk menyembelih hewan kurban diantaranya Unta (kalau ada), sapi, dan paling favorit di Indonesia adalah Kambing. Karena memang karena harganya terjangkau untuk kaum bawah, populasinyapun cukup besar dan beragam jenisnya.


Mulai dari kambing, domba, gibas dan lain sebagainya, karena bisa jadi dibeberapa daerah memiliki istilah dan jenis kambing berbeda-beda.
Melaksanakan qurban selain karena ketaatan kita kepada Allah, seperti yang dicontohkan oleh Ibrahim dan Ismail, juga untuk mengingatkan kepada kita semua agar tidak bersifat kikir, memiliki nilai sosial yang tinggi, dan sadar betul bahwa harta yang kita dapat sepenuhnya milik Allah semata.
Mudah-mudahan seluruh amal perbuatan kita semua selalu mendapat ganjaran yang sebanyak-banyaknya dan dihindarkan oleh Allah dari segala sifat riya, kikir, sombong dan takabur.
Dan semoga Allah senantiasa melimbahkan rizkinya kepada kita agar bisa melaksanakan semua ibadahnya khususnya berqurban dan haji.
Amien.


0 comments: