Thursday, December 20, 2007

Hari Raya Kambing

Memasuki bulan ke 11 tahun Hijriah, yang namanya hewan khususnya kambing harganya meroket tinggi.
Dibulan-bulan biasa seekor kambing seukuran sedang hanya berharga Rp 400 ribu, memasuki bulan ini bisa ditawarkan sampai 700 atau 800ribu.
Hitung-2, kapan lagi para peternak khususnya kambing bisa merasakan nikmatnya jerih payah selama setahun bersimbah peluh memelihara si-embek.

Berqurban, memang tidaklah wajib, bahkan untuk menentukan siapa yang layak berqurban-pun lain orang berbeda penafsiran, tapi bila dilihat dari sejarahnya, khususnya ketika bapak para Nabi yaitu Ibrahim yang di test untuk menyembelih Ismail dengan sukarela, maka berapapun nilai seekor hewan qurban jadi tak berarti.
Apalagi bila dibandingkan dengan harga perangkat handpone seharga diatas sejuta, maka sewajarnya berqurban untuk Allah nilainya setidaknya harus sebanding.
Punya handphone kegunaan utamanya adala telpon dan sms yang sudah bisa dipenuhi dengan hp second seharga 300rb seakan tak fashionable kalau tidak memiliki fitur segudang dan fasilitas 3G yang providernya pun belum tentu bisa menyediakan di daerah pedalaman macam rumah kami.
Belum lagi, biaya pulsa akan membengkak seiring dengan semakin banyaknya pemakaian hp namun tak hanya cukup untuk bertelepon dan sms saja.

Kembali ke hewan qurban, sebagai wujud ketakwaan umat Islam terhadap Tuhannya seperti yang dicontohkan nabi Ibrahim kepada kita.
Mudah-mudahan amal para penderma hewan qurban di seluruh antero jagad diterima oleh Allah SWT.
Sehingga semua rizki yang diperoleh kelak semakin tinggi nilai berkah dan manfaatnya.
Amien.

1 comments:

aroengbinang said...

sebelum berkurban seyogyanya melirik ke hati terlebih dahulu dan bertanya apakah tujuan berkurban hari ini sama dengan tahun-tahun lalu, adakah pendalaman makna kurban, atau kah sekadar memenuhi kewajiban dan semuanya akan selesai setelah menyetor uang, kambing atau sapi? ada saatnya untuk berhenti dan merenung tentang makna dari apa yang selalu kita lakukan setiap hari, bulan atau tahun....