Thursday, December 06, 2007

Musim mangga telah lewat

Kala memasuki bulan september, tanaman mangga manalagi yang ada di depan rumah mulai muncul berupa penthil, (bukan pentil-nya ban, pentil yang lain..?!).
Penthil disini adalah orok buah mangga yang masih seumur beberapa hari.
Sebulan kemudian akan berubah menjadi buah mangga yang siap dimakan, khsusunya bagi para penggila buah yang ratusan aneka macam ragam, rasa dan bentuknya.
Khusus mangga manalagi ini tak perlu menunggu sampai masak dan berwarna kuning, cukup ketika warna dagingnya masih putih, namun sudah muncul bintik-2 madu yang mulai manis rasanya.
Tapi ingat.. jangan terlalu banyak makan mangga manalagi, karena madunya bisa bikin perut mulas.
Bagi siapa saja yang lagi lewat Probolinggo, jangan lupa untuk merasakannya.
Khusus yang didepan rumah kami, sekarang sudah hilang tak berbekas, karena sudah dibagi ke sanak saudara, handai taulan, tonggo teparo dimana saja berada.
Maklum..., jumlah buahnya tak sampai 30 biji, karena sang pohon masih setinggi genteng rumah kami.
Selamat menikmati.

9 comments:

lierieh said...

Pantesan aku ga dikirim mangga, baru 30 biji ya buahnya............... ntar kapan2 harus dikirim yaaaaaaa

Ros Marya Yasintha said...

Aku suka sekali mangga..Mangga apapun dehhh... Menyenangkan sekali kalo punya tanaman mangga di rumah..

aroengbinang said...

waaa, aku gak kebagian :)
jadi keingetan mangga dua biji yg masih tersisa di pohon di cibubur..., udah mateng, udah busuk, atau udah diambil orang :D

tahun ini berbuah tiga, mudah2an tahun depan pohon itu bisa berbuah 30 biji :)

CempLuk said...

wow..enak sekale mangga nya..kirim ke kertajaya utk cempluk dunk mas..ngarep.com

papapam traffic said...

Kalo ke Surabaya jgn lupa mangganya dilempar ke rumah

Fiz said...

Mmmm..... uenak nyo...!

blackpurple @ jowopinter said...

Pentil mangga [saya panggil pelam] memang enak tapi silap-silap makan boleh 'terbakar' di tepi mulut.... Kemecer....

Ulung & Brother said...

sing kate mejeng gak duwe blog. cuma nunut ning komentar bae lah...
gambar-gambar silakan pesan pada ulung.tatag@gmail.com

Aisha Azkiya said...

mau..mau
Kok ga nyampe bandung ya?! Heheh, di Bandung juga lagi musim..*klo di pusatnya aja musim apalagi di kota*
Bener mas, harus bersyukur masih bisa nge blog,posting n yang pasti postingannya dibaca orang (meski postingannya ge jelas :p )
Sy termasuk yg suka mangga, apalagi mangga muda *ga penting ya.heheh*