Tuesday, November 14, 2006

Jalan-jalan ke Jogja.. western van java....??



Terakhir ke Jogja tahun 1999, meskipun saat itu hampir 5 hari berada disana, tapi nggak sempat jalan-jalan karena sibuk diklat Satria Nusantara di Pakem dan Parangkusumo, dan sempat jalan-jalan hanya hari terakhir saja itupun cuma diberi waktu 4 jam dari keliling kota Jogja dengan pos di Alun-alun.


Kali ini kesempatan itu datang lagi "gratis" lengkap dengan transportasi dan akomodasi Leces - Jogja pergi-pulang. Karena pak bos lagi punya hajat di Grha Vidi Jogja, hebatnya transport & akomodasi disediakan beliau.

Tentu saja berharap-harap untuk menikmati kota Jogja yang sumeh, "murah", tradisional, dan berbagai macam harapan ada di pucuk ubun-ubun.



Masuk Sleman yang sudah bak metropolis, karena memang sebagai kota satelit Jogja rasanya kesan njawani tak dapat ditemukan. Bangunan, hotel, resto dengan brand asing bertebaran dimana-mana.
Toko baju bernama Cloth Store, warung makan kebarat-baratan dan hotel-hotel brand asing bertebaran dimana-mana.



Sampai di hotel waktu telah menunjukkan jam 19.00, capek...??? diatas bus berisi 59 orang sekalipun AC dan suspensi kendaraan cukup memuaskan, ditambah driver piawai lulusan Pahala Kencana, capek tentu saja ada. Tapi mau bagaimana lagi, mumpung ada waktu dihabiskan jalan-jalan ke sekitar penginapan.



Dan kesan western pola pergaulan penghuni kota semakin terasa. Dari tingkah polanya, semir rambut, pakaian, dan tongkrongannya rasanya Jogja yang dulu nJawani sudah mulai terkikis sedikit demi sedikit.



Anak muda cewek & cowok begitu santainya bergandengan, bahkan bagi orang timur kolot macam kami hal itu seakan berlebihan. Mungkin pergaulan yang sedikit mendekati bebas tak terbatas seperti hal yang lumrah. Bahkan menurut penarik becak yang ngakunya asli Jogja mereka yang seperti itu bukan orang asli Jogja alias pendatang yang notabene sebagian besar "mahasiswa".



Mudah-mudahan Jogja bisa kembali sederhana dan njawani.

1 comments:

MaIDeN said...

Jokja sekarang sudah tidak sama dengan Jokja yang dulu :(