Thursday, May 04, 2006

GUNUNG LAMONGAN FUJIYAMA IN JAVA

Terletak diantara kabupaten Probolinggo dan Kabupaten Lumajang, dengan ketinggian 1.600 m dpl. Gunung Lamongan termasuk gunung aktif dan menyimpan magnet keindahan yang menakjubkan. Dari kota Probolinggo gunung Lamongan terletak disebelah tenggara lebih kurang berjarak 60 KM, dan sudah terlihat dari tengah kota dengan bentuk yang mirip gunung Fujiyama.
Gunung yang certatat terakhir meledak pada tahun 1898, dikelilingi banyak sekali telaga-telaga yang disebut oleh masyarakat sekitarnya dengan Ranu diantaranya Ranu Gedang, Ranu Segaran, Ranu Agung, Ranu Kembar, Ranu Bethok yang selalu ditutupi bunga lotus masuk wilayah Kabupaten Probolinggo. Sedangkan yang terletak di Kabupaten Lumajang diantaranya Ranu Bedali, Ranu Klakah, Ranu Pakis, Ranu Wurung, dan Ranu Lading.

Telaga-telaga ini yang terletak di ketinggian 400-700 meter di atas permukaan laut itu menyimpan magnet keindahan yang menakjubkan berpadu dalam keheningan syahdu. Bahkan konon Raja Hayam Wuruk harus berlama-lama menikmati keindahan panorama sekitarnya ini, sehingga tempatnya diberi nama “Prabu Linggih” atau Raja Duduk dan akhirnya berubah menjadi PROBOLINGGO.
Dikaki gunung ini juga terdapat tempat wisata yang diantaranya sumber mata air panas yang masih belum tergarap dengan serius, maupun wisata arung Jeram di Sungai Pekalen yang cukup menantang, maupun perkebunan teh Andung Biru.

1 comments:

lima langkah mudah menggunakan amoorea said...

mantap gan info nya bagus sekali saya suka dengan info nya