Friday, June 29, 2007

Kamling

Ada yang mengatakan singkatan dari "Keamanan Keliling" atau "Keamanan Lingkungan" bahkan ada yang lebih ekstrim disebut "Keamanan Maling", maksudnya dari gangguan maling yang sering berkeliaran mencari mangsa.
Hidup di lingkungan pedesaan apalagi di daerah rumah "Mewah" (mepet sawah alias bersebelahan dengan sawah), membuat masyarakat harus extra waspada dari segala macam gangguan dan ketidaknyamanan.
Sudah biasa ditempat kami warga diminta untuk menyisihkan sebagian waktunya untuk bersedekah membantu menjaga lingkungan perumahan yang disekitarnya masih dikelilingi persawahan.
Paling tidak seminggu sekali sesuai jadwal yang dibuat pak RT dan staf-nya.Awal-nya mungkin terasa berat, apalagi esoknya adalah hari kerja.
Tapi kalau udah terbiasa begadang dirumah apalagi ketika didepan computer.
Begadang di Gardu Poskamling pun juga cukup mengasyikkan.
Kebetulan di RT kami lebih dari separohnya adalah rumah tangga muda yang berusia sebaya, sehingga pergaulan dan pembicaraan gampang nyambungnya.
Bahkan, yang sudah tua-pun tak sungkan berguyup-guyup ria sehingga suasana pos Kamling pun sering semarak sekalipun di tengah malam yang dingin khususnya ketika musim angin seperti sekarang.
Ditambah dengan adanya televisi sumbangan warga, acara di pos kamling tak lagi diisi dengan memainkan kartu remi melulu.
Siaran tivi sampai pagipun bisa jadi teman setia.
Saking ramainya pos kamling, pernah ada segerombolan pencuri nekat menghancurkan televisi yang ada, padahal kalau mau mencurinya sangat mudah karena tidak ada kunci yang kuat-kuat amat.
Mungkin tujuannya supaya warga tak lagi kerasan menghuni pos kamling.Dengan Kamling, bukannya tidak percaya dengan bapak polisi yang esok berhari jadi.
Bahkan pak polisi pun kerap menghampiri jika sedang patroli malam, karena dengan adanya Kamling beban punggawa keamanan wilayah jadi agak ringan.
Meskipun ada Kamling, bukan berarti wilayah jadi bebas maling.
Namun jam kerja sang maling jadi lebih sempit dan ruang gerakpun semakin tidak leluasa.
Pernah ketika para penghuni pos kembali ke rumah jam 3 pagi. Lima belas menit kemudian sebuah sepeda motor warga amblas diembat mereka.
Nasib baik dan buruk biar Tuhan yang ngatur, yang penting sebagai manusia kita sudah berusaha.

2 comments:

Bali said...

Mas blogmu klo di buka di firefox kok aneh ya, coloum yang kiri itu bisa menyamping percaya deh ...

Fiz said...

Mbok ya pas jaga jaket birunya dilepas pak...! Salah ya?