Wednesday, August 30, 2006

Mendidik remaja


Menjadi remaja yang Islami memang terasa sangat berat di era hedonis konsumtif, materialistis seperti sekarang ini, dimana
remaja dihadapkan kepada arus pemimpi kenikmatan dan keglamoran yang inginnya dicapai secara cepat, singkat & instan, sebagaimana dijajakan sepanjang waktu oleh hampir semua media di sekitarnya.
Untuk menghadapi hal tersebut remaja islami diharapkan bisa menjadi remaja yang bertanggung jawab, dan berakhlak mulia baik di lingkungannya sendiri maupun di tempat lain yang jauh dari pengawasan orang tuanya.
Tidak semua orang peka dan memiliki ide terhadap berbagai masalah itu apalagi menindaklanjuti sampai dari ide itu menjadi suatu karya yang bermanfaat.....


Di lingkungan kami sudah semakin banyak putra-putri yang mulai menginjak masa remaja, dan biasanya selepas SMU, mereka akan melanjutkan pendidikan di luar kota yang tentu saja jauh dari pengawasan orang-orang terdekatnya. Maka kami bersama beberapa teman ingin memberikan bekal sejak dini berupa ilmu agama, akhlak dan moral sehingga mereka semua bisa menjadi manusia-manusia yang memiliki tanggung jawab sekalipun berada jauh di luar kota.
Kegiatan yang dilakukan diantaranya adalah :
Kajian Islam Remaja dan Anak-anak, yang dilaksanakan setiap Jum'at malam setelah sholat Isya, dengan lokasi bergantian di rumah peserta.
Ahad Beriman (Aman), dilaksanakan 3 bulan sekali pada hari minggu pagi sejak sebelum sholat Subuh dan berakhir sampai pukul 10 pagi.
Malam Bina Iman dan Takwa (Mabit), dilaksanakan pada liburan semester, karena pelaksanaan acara mulai Sabtu sore Ba'dha Maghrib, sampai Minggu siang keesokan harinya, dalam acara ini peserta diminta untuk menginap di masjid.
Mudah-mudahan, kegiatan kami tersebut diatas bisa menciptakan generasi muda yang bertanggung jawab, berakhlak mulia, dan bermoral agama Islam, beriman dan dan selalu menjadi insan yang Ihsan.
Apabila teman-teman memiliki materi berupa tulisan, game, outbond, buku cerita, dan lain sebagainya yang bisa kami pergunakan untuk mendukung niat kami tersebut diatas, kami dengan senang hati akan menerima dan menyampaikannya kepada putra-putri dan remaja di lingkungan kami.
Wassalamualaikum warrahmatullohi wabarokatuh.

Remaja Masjid Al-Kautsar
Leces Permai I/08
Probolinggo 67273
Jawa Timur

1 comments:

Anonymous said...

di zaman edan ini, mendidik remaja dengan nilai2 relijiusitas memang sulit. tapi harus tetap dicoba ya kang...